"PHP Hypertext Preprocessor" atau disingkat dengan nama PHP. PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada serverside. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.

Sudah tidak diragukan lagi bahwa banyak perusahaan besar membangun Websitenya dengan PHP, karena PHP untuk system keamanannya sangat bagus. PHP dapat dijalankan di berbagai platform seperti di Microsoft Windows, Linux, Unix, Solaris, dll. PHP juga dapat dijalankan dengan Web Servers seperti Apache, Microsoft IIS, dll. PHP bersifat Object Oriented Features dan lebih bagus dari Java, C++, PERL dan C.

Tool apa yang bisa saya gunakan untuk membuat Website berbasis PHP ?? untuk membuat PHP kalian bisa menggunakan Notepad untuk sederhananya dan simpan dengan ekstensi “.php”. Tapi bila kalian ingin lebih memaksimalkan lagi dalam pembuatan PHP kalian dapat menggunakan aplikasi seperti “phpdesigner 2008” bisa kalian download disini.

Untuk melihat hasil PHP kalian bisa memakai Apache, PHPtriad, XAMPP, dll. Saya sarankan untuk memakai XAMPP karena lebih mudah meskipun lainnya juga mudah download disini.

Untuk Dasar-dasar PHP akan saya bahas pada artikel selanjutnya...

Bersambung

Labels: ,

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.