Mungkin kalian sudah mengetahui apa itu CMS ? Content Management System atau biasa disebut CMS, pengertiannya sebagai berikut,

“A CMS is a computer software system for organising and facilitating collaborative creation of documents and other content. A CMS is frequently a web application used for managing web sites and web content.”

“CMS adalah suatu software system komputer untuk membuat situs di internet (website). CMS juga sebagai web aplikasi untuk manajemen website dan web konten.”

Kurang lebih seperti itu pengertiannya, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini :

Untuk apa sih CMS itu ?? mungkin bagi kalian bingung sebenarnya buat apa sih CMS itu. Sebenarnya CMS itu hampir sama dengan sebuah web blog atau biasa disebut blog. Kelebihannya CMS apabila kalian ingin membuat sebuah toko Online atau Web Store atau Web Portal dan kalian belum mengerti tentang pemrograman baik itu HTML, ASP, PHP, CSS, dll. Nah CMS ini adalah jawabannya, untuk membuat sebuah toko Online atau Web Store atau Web Portal kalian tidak harus mengerti tentang bahasa pemrograman. Banyak Aplikasi CMS beredar baik itu Free (Gratis) maupun Commersil (Berbayar). Joomla dan Drupal adalah CMS yang populer untuk saat ini, bagi kalian yang ingin belajar tentang CMS kalian bisa coba Joomla atau Drupal. Berikut ini adalah CMS yang beredar,

1. Joomla
Paling populer dan selama beberapa tahun terakhir terpilih sebagai CMS OpenSource terbaik di dunia. Sekarang sudah di versi 1.5. Dapat digunakan untuk blog, portal, e-learning,social network sampai e-commerce. Kelebihan joomla yang paling utama adalah mudah digunakan alias user friendly. Kekurangan joomla adalah user management yang tidak terlalu lengkap, seperti fitur user class untuk mengatur tingkat dari user/member.

2. Drupal
Drupal merupakan CMS yang sangat terkenal. Aplikasi ini memiliki banyak sekali kontributor yang membuat modul-modul tambahan untuk menambah fitur dari CMS ini. Salah satunya adalah UberCart. Dengan ubercart, drupal dapat difungsikan sebagai shopping cart.

3. E107
Perkembangannya selalu berada dalam bayang2 joomla dan drupal, sangat user friendly dan cocok untuk level pemula, extension belum sebanyak joomla dan drupal.

4. Plone
Sangat mudah digunakan dan tampilan yang simple.

5. XOOPS
Memiliki fitur lengkap dan digunakan untuk blog, social network dll.

6. PHPnuke
Memiliki kalangan pengguna tersendiri yang setia,fitur yang lengkap.

7. Dotnetnuke
Versi Microsoft .Net dari PHPNuke.

8. Postnuke
Versi lain dari PHPNuke namun mengklaim diri lebih stabil, aman dan mampu menampung kondisi traffik tinggi.

9. MODx CMS
Dinominasikan sebagai CMS paling potensial di masa mendatang, mengadaptasi Ajax secara keseluruhan pada sistemnya.

10. Mambo
Merupakan moyangnya Mambo, tapi para programmer yang mengembangkannya lebih memilih untuk mendirikan joomla sehingga mambo merosot pamornya.

11. CMS Made Simple
Sesuai namanya, sangat sederhana dan cocok untuk proyek skala kecil tapi juga mampu menangani proyek besar juga.

12. Magnolia
Memfokuskan diri pada pasar Enterprise, alias situs untuk perusahaan dengan skala besar.

13. PHP-Fusion
CMS yang sederhana dan nggak neko neko.

14. Pligg
Bagi yang ingin mengembangkan situs ala Digg.com atau social bookmarking system, dimana situs merupakan feed dari situs lain yang beritanya disukai pembaca.

15. Rubricks
Kalau CMS lain banyak yang berbasis PHP, yang satu ini menggunakan Ruby On Rail (ROR).

16. Apache Lenya
Yang satu ini berbasiskan Java dan XML

17. DBPrism
CMS opensource ini menggunakan database Oracle, dimana yang lain kebanyakan menggunakan MySql.

18. iGaming CMS
Mengklaim diri sebagai CMS untuk situs games dan komunitas gamer.

19. Clever Copy
Digunakan untuk membangun portal berita

20. Krang CMS
Memfokuskan diri untuk situs majalah online

21. osCommerce
Aplikasi eCommerce yang sangat populer sekarang ini. Banyak situs-situs belanja online yang menggunakan aplikasi ini. Banyak sekali theme/template baik yang gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan. Selain itu modul-modul tambahan banyak sekali dijumpai. Ukuran aplikasi yang tidak terlalu besar dan banyaknya pengguna merupakan nilai tambah. Masalah dengan register_globals yang harus di set menjadi on merupakan masalah yang serius ketika itu, tetapi sepertinya sekarang sudah tidak menjadi masalah lagi.

22. Magento
Aplikasi ini sepertinya juga populer sekarang ini. Menggunakan framework zend sebagai dasar aplikasi menjadi nilai tambah untuk aplikasi ini. Karena menggunakan framework zend, secara programming aplikasi ini lebih mudah dipelajari dan tentunya akan lebih mudah untuk dikembangkan. Ukuran aplikasi yang besar merupakan nilai minus, selain itu minimum requirement dari aplikasi ini menuntut kemampuang hosting yang tidak sembarangan.

23. ZenCart
Aplikasi yang cukup populer untuk e-Commerce. Banyak sekali theme/template yang dapat digunakan untuk mempercantik tampilan. ZenCart juga termasuk dalam salah satu aplikasi yang didukung dalam kemudahan instalasi oleh fantastico auto installer.

24. CubCart
Diluncurkan dalam dua jenis aplikasi, CubeCart 3, dan Cubecart 4. CubeCart versi 3 mempunyai versi free sedangkan versi 4 dengan terpaksa harus membayar.

25. Prestashop
Aplikasi shopping cart yang mempunyai fitur cukup menjanjikan. Aplikasi ini dapat digunakan sebagai alternatif.

26. Open Freeway
Aplikasi ini dapat digunakan bersama-sama dengan Joomla

27. Opencart
Walaupun aplikasi ini sepertinya tidak terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet, tetapi dapat dijadikan alternatif.


Daftar CMS diatas ada nyang Free dan ada pula yang Berbayar, nah sekarang terserah kalian mau pakai CMS apa, saya sarankan bila kalian pemula untuk memilih Joomla atau Drupal karena lebih mudah dipelajari dan banyak pembahasannya.

Untuk pembahasan lebih detail tentang CMS tunggu tutorial selanjutnya..atau kalau kurang jelas silahkan bertanya pada kolom komentar

Selamat belajar...

Labels:

Post a Comment

  1. I like the cms cart is magento ecommerce site. It's the one of the best open ecommerce site.magento ecommerce platform

    ReplyDelete

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.