Apakah operator itu ?? operator merupakan simbol yang memiliki tugas dan fungsi tertentu.

Ada empat jenis operator yang penting dalam PHP, yaitu :
# Operator Aritmatika : untuk melakukan perhitungan
(+) : Melakukan penjumlahan
(-) : Melakukan Pengurangan
(*) : Melakukan Perkalian
(/) : Melakukan Pembagian
(%) : Menghasilkan sisa pembagian


# Operator Assignment : Untuk mengisi variable yang terletak di sebelah kiri operator dengan nilai yang ada disebelah kanan operator.

(=) : Mengisikan nilai yang di sebelah kanan operator ke variable yang terletak di sebelah kiri operator
(+=) : Menambahkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variable yang sebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variable tersebut juga.
(-=) : Mengurangkan nilai yang di sebelah kanan operator ke variable yang sebelah kiri dan hasilnya akan disimpan di variable tersebut juga.
(*=) : Mengalikan variable yang di sebelah kiri operator dengan nilai yang sebelah kanan operator dan hasilnya akan disimpan di variable tersebut juga.
(/=) : Membagi vbariable yang di sebelah kiri operator dengan nilai yang sebelah kanan operator dan hasilnya akan disimpan di variable tersebut juga.
(%=) : Membagi Variable yang di sebelah kiri operator dengan nilai yang disebelah kanan operator kemudian sisa pembagiannya akan disimpan di variable tersebut juga

# Operator Perbandingan : untuk membandingkan dua kondisi atau lebih

(==) : Akan bernilai true atau 1 bila dua kondisi yang dibandingkan memiliki nilai sama, selain itu bernilai false atau 0.
(<>) : Akan bernilai true atau 1 hanya jika dua kondisi yang dibandingankan memiliki nilai yang tidak sama (selain ini berniali false atau 0)
(>) : Akan bernilai true atau 1 hanya jika nilai yang di sebelah kiri lebih besar dari yang sebelah kanan (selain ini akan bernilai false atau 0)
(<) : Akan bernilai true atau 1 hanya jika nilai yang di sebelah kiri lebih kecil dari yang sebelah kanan (selain ini akan bernilai false atau 0)
(>=) : Akan bernilai true atau 1 hanya jika nilai yang di sebelah kiri lebih besar atau sama dengan dari yang sebelah kanan (selain ini akan bernilai false atau 0)
(<=) : Akan bernilai true atau 1 hanya jika nilai yang di sebelah kiri lebih kecil atau sama dengan dari yang sebelah kanan (selain ini akan bernilai false atau 0)

# Operator Logika : Untuk menggabungkan dua kondisi ata lebih

&& atau AND, bernilai 1 jika kedua kondisi memiliki nilai 1, selain ini hasil akan bernilai 0.
|| atao OR, bernilai 0 jika kedua kondisi memiliki nilai 0, selain ini hasil akan bernilai 1.
Xor, menghasilkan nilai 1 jika kedua kondisi sama dan 0 bila kedua tidak sama.
! atau NOT, akan menghasilkan nilai yang berlawanan.
Nah itu adalah operator yang ada di PHP, semoga artikel tersebut bisa bermanfaat dan bila kalian ingin mengirimkan artikel atau tutorial silahkan hubungi saya via email..

Labels: ,

Post a Comment

Author Name

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.